Powered By Blogger

November 21, 2012

Orang-orang berpengaruh di dunia!

Charles Darwin, siapa yang ga tau?
Charles Darwin adalah tokoh dunia yang menjelaskan kalo manusia itu pada mulanya adalah seekor monyet. Dan paham ini ditentang oleh sebagian besar umat beragama yang meyakini kalo nenek moyang manusia itu Adam dan Hawa, bukan seekor monyet. Sayangnya, masih banyak orang-orang yang pro dengan paham ini.

Ya, intinya Charles Darwin adalah salah satu tokoh berpengaruh di dunia.

Gue bersyukur, meskipun jaman sekarang makin banyak ilmuwan yg atheist atau ga percaya dengan keberadaan Tuhan, ternyata banyak juga loh tokoh-tokoh berpengaruh di dunia yang ga cuma brilliant dalam hal intelektual (cerdas) tapi juga punya ketaatan dan percaya sama Tuhan. Ngga kayak Darwin. Mereka sadar, kalo kecerdasan mereka itu asalnya dari Tuhan. Mereka adalah orang-orang gereja pada zamannya yang menjadi pusat Iman dan Ilmu. Mereka orang-orang yang takut sama Tuhan dan punya pengaruh yang kuat untuk perkembangan ilmu pengetahuan dan dapat berkontribusi secara nyata di dalam berbagai aspek kehidupan mereka dengan keahlian dan kemampuan yang mereka miliki (kaum cendikia yang mempersembahkan hidupnya untuk Allah dan menjadi berkat bagi masyarakat).

Siapa aja mereka?

1. Blaise Pascal
Siapa yang ga tau Pascal? Seorang ahli matematika dan ilmuan yang berhasil menemukan: Perbaikan barometer Torricelli, tekanan hidraulic, dan Hukum Tekanan Pascal. Selain sebagai ilmuan yang terkenal saat ini, ia juga terkenal sebagai orang yang sangat menjunjung tinggi pengenalan akan Firman Tuhan sebagai Allah yang sejati, dan bagaimana manusia jatuh ke dalam dosa membutuhkan Kristus sebagai Juruselamat mereka. Ia mengatakan, bahwa ada Allah sejati yang dapat kita kenal, namun dosa telah membuat manusia menjadi sulit untuk bisa mengenal Allah sejati itu. Itulah sebabnya membutuhkan Kristus.
" That is why I am not trying to prove naturally the existence of God, or indeed the Trinity or the Immortality of the soul or anything of that kind. This is not just because I do not feel competent to find natural arguments that will convince obdurate atheist, but because such knowledge, without Christ, is useless dan empty" - Blaise Pascal

2. Nicholas Copernicus
Seorang ahli astronomi, lulusan dari University of Cracow ini berani menampilkan suatu ide yang berbeda dengan ilmuan atau ahli perbintangan lain pada zamannya tentang pergerakan bumi dan matahari. Dialah orang yang yang pertama kali mengatakan bahwa mataharilah yang menjadi pusat dari pergerakan planet-planet dan bukan bumi yang menjadi pusat pergerakan matahari. Suatu terobosan yang luar biasa saat itu! Lalu bagaimana dengan Imannya?  Ia mengatakan "[it is my] loving duty to seek the truth all the things, in so far as God has granted that to human reason."
Dia pun meyakini bahwa ada Allah yang menjadi sumber segala sesuatu dan Tuhan lah yang menjadi pencipta, dan pemelihara seluruh perputaran alam semesta.

3. Isaac Newton
Ilmuan lulusan dari Trinity College, Cambridge ini terkenal dengan penemuan Hukum Gravitasi, Teorema Binominal, Kalkulus, dan penemu tiga hukum tentang gerak. Semasa muda ia juga dikenal sebagai orang yang rajin membaca Alkitab, karena dia tahu bahwa Allah adalah pribadi yang berdaulat atas hidup manusia. Ia meyakini bahwa Kristus adalah juruslamat dan Alkitab adalah sungguh-sungguh firman Allah. Ia berkata, "God is essential to the nature and absoluteleness of space."

4. Gregory Mendel
Seorang biarawan dari Austria yang juga dikenal sebagai bapa genetika. Didalam perkembangan ilmu pengetahuan ia dikenal sebagai orang pertama yang memasukkan konsep matematika di dalam ilmu genetika. Ia pun tampil sebagai orang yang dalam pengetahuannya tentang genetika, dengan tegas menolak konsep Charles Darwin tentang Evolusi.

5. Yohanes Surya
Kok namanya Indonesia bgt? Ya, dia emang orang Indonesia! Yohanes Surya adalah fisikawan pendidik dan peneliti lulusan dari FMIPA-UI (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia) yang telah berjasa membuka jalan bagi bangsa Indonesia untuk selalu tampil dan jadi pemenang di dalam Kompetisi Fisika Dunia (TOFI). Ia bercita-cita untuk mempersiapkan peneliti Indonesia untuk meraih nobel pada tahun 2020. Bersama dengan lembaga pendidikan BPK Penabur, Ia mendirikan Brilliant Class yang memiliki Visi: "Berbakat intelektual tinggi, iman yang teguh kepada Tuhan, dan pengabdian untuk kemajuan Tanah Air Indonesia."

Kemudian tokoh lainnya juga ada: C.S Lewis (dalam bidang jurnalistik), Handle dan Fanny Crosby (dalam bidang musik), dan lain-lain.

Hmmmmmmmmmmm....... do u feel what I feel?

First time, I read it on KKSJ 2012's event book, I felt sooooooooo Amazed! Kagum!

Sebelum akhirnya menjadi orang terkenal seperti sekarang ini dan dapat berkarya di dunia, mereka juga melewati masa-masa pembelajaran (termasuk masa-masa kuliah formal atau bentuk pembelajaran lain). Masa itu adalah masa pembelajaran yang sama seperti yang kita semua alami, bahkan mungkin mereka melewati masa-masa yang jauh lebih berat yang kita alami. Mereka bukan superman! Mereka juga orang biasa yang akhirnya dipakai Allah untuk mempengaruhi dunia! Seperti slogan yang pernah disebutkan di ODB disalahsatu renungannya: "Ordinary People for Extraordinary Task!" Dan yang paling penting adalah mereka bukan saja orang yang ahli dibidangnya, tetapi mereka juga orang-orang yang tau bahwa pengenalan akan Allah yang sejati adalah hal yang utama.

[Artikel mengenai tokoh-tokoh berpengaruh diatas bisa kalian liat di Buku KKSJ 2012! Penulisnya itu Ka Chakrita MST, alumni SMUN 8 Jakarta, yang juga lulusan Teknik Industri UI]

SO, what's next? Jangan cuma mimpi, tapi berdoa. Tuhan pakai anak-anaknya untuk jadi orang yang hebat dalam Iman dan juga Ilmu. Mulai dari hal-hal kecil, kita bisa mengubah dunia loh! Entah di lingkungan keluarga, sekolah, atau pergaulan. Misalnya, ga nyontek pas ulangan/UTS/UAS/UAN, ga ngerokok disaat semua temen ngerokok, ga ikut-ikutan ngomong kasar/kotor, pacaran yang sehat disaat gaya pacaran lain menghalalkan ciuman bahkan freesex, dan banyak contoh lainnya.
Jadi, CHANGE THE WORLD AND LET'S START IT NOW!


No comments:

Post a Comment